Luwu Timur – Rapat Paripurna digelar dalam rangka mendengarkan pendapat akhir Fraksi- Fraksi DPRD Luwu Timur terhadap pembahasan 4 buah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tahap II Propemperda Tahun Anggaran 2021.

Rapat paripurna dilaksanakan diruang sidang paripurna DPRD Luwu Timur, Senin (23/08/2021). Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur H.M Siddiq BM, SH didampingi oleh Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur Hj. Ir. Harisah Suharjo dan dihadiri oleh Anggota DPRD Luwu Timur.

Dalam pendapat akhir fraksi terhadap 4 buah Ranperda tahap II propemperda tahun anggaran 2021 disampaikan langsung oleh seluruh Fraksi – fraksi DPRD Luwu Timur. Fraksi Pan dengan juru Bicara Hj. Ir. Harisah Suharjo, Fraksi Gerindra juru Bicara H.M Sarkawi Hamid, M.Si, Fraksi Golkar Juru Bicara Wahidin Wahid, Fraksi Hanura Juru Bicara AlpianA.Ma.Pd, Fraksi Nasdem Juru Bicara Tugiat,S.Ag dan Fraksi PDI-P Efraem,ST,MM.

4 (empat) buah Ranperda yaitu tentang Perangkat Desa, Ranperda terhadap Perubahan Atas Peraturan Daerah No.16 Tahun 2011 tentang Retribusi Penjualan Produksi Usaha Daerah, Raperda Terhadap Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Nomor 33 Tahun 2011 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi dan Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021-2026.

Dari fraksi Pan menyetujui dengan catatan agar perda yang telah disetujui nantinya dapat diperhatikan dengan baik sehingga dapat terimplementasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta prosesnya pun dapat berjalan secara transparansi.

Fraksi Gerindra  menyetujui dengan konsisten mendukung peran pemerintah dalam menciptakan perubahan yang lebih baik lagi bagi daerah kabupaten Luwu Timur. Selanjutnya Fraksi Gerindra optimis dengan semangat dan etos kerja yang ditunjukan oleh pemerintah daerah saat ini nantinya akan memberikan dampak yang baik khususnya dalam meningkatkan pendapatan daerah.

Fraksi Hanura menyetujui dan mendukung peran serta pemerintah dalam rangka kepentingan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Luwu Timur dalam hal  regulasi atau pedoman penyelenggaraan roda pemerintahan di kabupaten luwu Timur.

Fraksi Nasdem, Mendukung dan menyetujui dengan harapan agar pemerintah kedepan dapat meningkatkan proyeksi pendapatan daerah . Selanjutnya mengingat mayoritas masyarakat kabupaten luwu timur berprofesi sebagai petani serta fraksi nasdem berharap dalam kondisi pandemi saat ini agar aktivitas ekonomi saat ini lebih ditingkatkan serta mendorong investasi teknologi pertanian guna mendongkrak pendapatan petani.

Fraksi Golkar setuju dengan harapan agar dalam proses pelaksanaan program pemerintah daerah agar mengimplementasikan ekonomi seluas-luasnya sehingga  nantinya dapat mengoptimalkan asli pendapatan daerah sesuai dengan kondisi saat ini.

Dan terakhir fraksi PDI-P menyetujui dengan harapan agar selalu membangun semangat kolektif kepada seluruh pihak agar selalu bersinergi, konsisten dan maksimal dalam mendukung seluruh program prioritas visi dan misi pemerintahan saat ini .

Turut hadir dalam rapat Paripurna Sekretaris daerah, Drs. H. Bahri Suli, M.Si serta para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur(cip/Publikasi_Setwan)