DPRD Lutim Terima Kunker DPRD Sigi Terkait RTRW

0
98

DPRD Luwu Timur menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (13/11/2020).

Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur H. M. Siddiq, didampingi oleh sejumlah Anggota DPRD, dan OPD terkait menerima langsung rombongan pansus I DPRD Sigi.

Ketua Pansus, Jamaluddin L Nusu mengatakan kunjungannya sekaitan dengan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Sigi Tahun 2020-2040.

Gempa Palu Tahun 2018 berdampak luas hingga ke Kabupaten Sigi sehingga menyebabkan perubahan zonasi dan wilayah akibat pergeseran tanah. Oleh karena itu hematnya Perda RTRW bukan hanya perlu diubah tapi dibuat baru.

“tujuan kami ke Luwu Timur sekaligus juga koordinasi terhadap pola wilayah kawasan pertambangan dalam perda tersebut.” Kata Jamaluddin.

Lanjutnya bahwa di wilayah Kabupaten Sigi akan dibangun tambang emas yang tentunya akan berdampak terhadap wilayah, lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Wakil ketua I DPRD Luwu Timur, H. M. Siddiq BM mengatakan kunjungan DPRD Kabupaten Sigi selain perihal sharing informasi terkait penyusunan perda RTRW, juga telah mempererat kembali tali silaturahmi antar daerah.

“Kami berterima kasih atas kunjungan ini disamping mempererat silaturahmi juga bisa sharing informasi penyusunan Perda RTRW dimaksud,” kata Siddiq.

Siddiq menyarankan untuk menghindari konflik, perlu ada kejelasan wilayah pertambangan dan wilayah masyarakat. Konsultasi diperlukan sebelum rancangan perda disahkan.

“saran saya Pansus melihat kondisi yang ada PT. Vale di Sorowako, untuk dinegosiasikan mana wilayah yang masuk dalam wilayah pertambangan dan mana wilayah masyarakat, untuk menghindari konflik kemudian hari, kalau perlu konsultasi ke pemilik perusahaan yang mempunyai izin pertambangan, sebelum perda RTRW ini diketuk palu,” kata Siddiq. (dier)