Gubernur Nurdin Abdullah Ucapkan Selamat Hari Jadi Luwu Timur ke-17 via Daring, Inilah Isi lengkap Sambutannya

0
155

Dalam peringatan hari jadi ke-17 Kabupaten Luwu Timur, secara daring via video conference dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, H.M. Nurdin Abdullah, serta ratusan warga dari Kecamatan, Desa, dan Kelurahan di Luwu Timur. Selasa (05/05/2020).

Pimpinan Sidang Paripurna dalam rangka peringatan hari jadi, Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam mengatakan Paripurna Istimewa secara virtual baru pertama kali dilaksanakan sejak terbentuknya Kabupaten Luwu Timur hal ini sesuai dengan prosedur physical distancing untuk mencegah penyebaran covid-19.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan, H.M. Nurdin Abdullah mengatakan sesuai tema yang diusung Luwu Timur “Spirit Bumi Batara Guru Bergerak bersama menanggulangi Covid-19”, merupakan momen yang tepat untuk lebih mempererat rasa persatuan, persamaan dan ikatan persaudaraan yang kokoh untuk memotong mata rantai penyebaran pandemic Covid-19 karena hanya dengan komitmen bersama dan dukungan semua pihak, sinergi antar lembaga kesiapsiagaan masyarakat yang menerapkan protokol-protokol kesehatan dan tambah lagi kepatuhan seluruh masyarakat sekira ini akan mempercepat bebas dari covid-19.

Gubernur menyampaikan bahwa Covid-19 telah memperlambat ekonomi dunia secara masif dan signifikan termasuk perekonomian di Sulawesi Selatan

“Saya baru dapat laporan dari kepala BPS, laju pertumbuhan ekonomi kita pada triwulan pertama tahun 2020 ini itu sebesar 3,7% dari 7% ini sesuatu yang sangat luar biasa menyedihkan,” kata Nurdin.

Untuk itu, pemerintah telah dan terus melakukan langkah-langkah cepat untuk mengantisipasi dampak, pemerintah memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang cukup dan memadai untuk kebutuhan pokok masyarakat tidak hanya menghadapi bulan suci Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri tetapi untuk beberapa bulan ke depan sehingga masyarakat dapat melewati masa-masa yang sangat sulit seperti yang dirasakan saat ini.

Selain itu, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 himbauan belajar dari rumah beribadah dari rumah dan bekerja dari rumah telah menyebabkan sebagian besar pelaku usaha dan masyarakat menghentikan aktivitasnya yang ke semuanya itu menimbulkan dampak akan munculnya orang miskin baru.

“Saya ingin sampaikan kepada Bupati dan seluruh peserta vicon hari ini. hari ini sudah hampir 169 perusahaan tutup di Sulawesi Selatan, ada 14.000 sekarang saudara kita harus di rumah kan bahkan di PHK karena lapangan kerjanya yang tidak dapat beroperasi,” kata Nurdin.

Hal ini harus menjadi perhatian agar warga terkena dampak Covid-19 tetap mendapatkan bantuan dari pemerintah baik melalui bantuan Bansos bantuan sembako program PKH maupun bantuan lainnya.

Kata Nurdin, kita sebagai masyarakat juga belajar betapa pentingnya kesehatan pentingnya kebersihan, betapa pentingnya norma-norma kemanusiaan di dalam masyarakat kita timbulnya empati, timbulnya solidaritas di tengah masyarakat pada saat pandemic covid-19 ini merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan bukan hanya di masa krisis ini tetapi juga di saat krisis ini telah berlalu.

Nurdin menargetkan akhir bulan Mei 2020, wabah covid-19 telah selesai dan menyebut langkah “recovery ekonomi” sebagai langkah berikutnya ketika covid-19 ini selesai.

“Mudah-mudahan Sulawesi Selatan pertama melakukan deklarasi clear covid-19, InsyaAllah. ini memang harus kita tegaskan Hal ini tentu sejalan dengan visi pemerintah pusat bahwa presiden Jokowi selalu mengingatkan kepada kita bahwa Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang tentu tidak boleh terganggu karena Sulawesi Selatan Ini adalah salah satu basis pangan untuk Indonesia,” kata Nurdin.

Terkait pilkada serentak, Nurdin mengatakan Sulawesi Selatan sudah mulai menjadi daerah yang masuk dalam zona hijau dalam setiap pesta demokrasi dan tentu berharap dapat menjaga bersama daerah dan mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada 2020 ini menjadi ajang Pilkada yang mengantarkan daerah Luwu Timur menjadi lebih baik lagi sehingga Provinsi Sulawesi Selatan tidak lagi menjadi provinsi dalam zona merah pada pelaksanaan Pilkada tetapi dapat menjadi provinsi yang terbaik dalam penyelenggaraan pilkada serentak pada tahun 2020 ini.

Di akhir sambutan, Gubernur mengucapkan selamat atas hari jadi kabupaten Luwu Timur ke-17 kepada seluruh masyarakat kabupaten Luwu Timur.

“Semoga kematangan usia daerah Luwu Timur selaras dengan kemampuan pemerintah daerah dan peran serta masyarakat untuk melangkah bersama menyongsong masa depan yang lebih maju dan sejahtera,” kata Nurdin. (tom)