DPRD Gelar Paripurna Pendapat Akhir Fraksi Terhadap Ranperda APBD TA 2020

0
59

Paripurna Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Luwu Timur Terhadap Rancangan Perda APBD Tahun Anggaran 2020 digelar. Senin (25/11/2019).

Hadir Ketua DPRD, H. Amran Syam, Wakil Ketua I DPRD, H. M. Siddiq BM, dan Wakil Ketua II DPRD, H. Usman Sadik, Bupati Luwu Timur, H.M. Thorig Husler, Pabung, Suparman, Sekda, Bahri Suli, SKPD, Camat, Desa dan Tokoh Masyarakat.

Sebanyak 5 Fraksi menyampaikan pendapat akhirnya, Fraksi PAN dibacakan oleh Masrul Suara, Fraksi Hanura oleh Rully Heryawan, Fraksi Golkar oleh Badawi Alwi, Fraksi PDI Perjuangan oleh Efraem, dan Fraksi Nasdem oleh Semuel Kandati.

Berikut point isi pendapat akhirnya.

Fraksi PAN mengingatkan kepada Pemerintah Daerah yakni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk senantiasa mengevaluasi sebagian program bantuan yang diturunkan ke masyarakat.

“Khususnya untuk Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan, banyak masyarakat luwu timur yang menggantungkan hidupnya dari sektor ini, namun disayangkan sebagian oknum malah menjual bantuan alat nelayan oleh si penerima bantuan,” kata Masrul Suara juru bicara Fraksi PAN.

Fraksi Hanura meminta pemerintah daerah agar memperhatikan tenaga suka rela yang telah mengabdi lebih dari 5 tahun di puskesmas dan Rumah Sakit agar terangkat Upahjasa.

Fraksi Golkar dalam Pemandangan Umum Fraksinya mengatakan pengendalian atas upaya peningkatan pendapatan perlu dilakukan langkah konkrit dan kreatif, salah satu sumber pendapatan yang cukup besar bisa diperoleh adalah pemasangan kilometer di Sumasang, Nuha, dan terkait hibah listrik PT Vale Indonesia.

Fraksi PDI Perjuangan meminta perhatian pemda terkait ketersediaan anggaran untuk mengantisipasi rencana kenaikan BPJS, dan program bedah rumah yang belum terlaksana.

Fraksi Nasdem meminta pemda agar memprioritaskan program-program yang berdampak langsung terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dan sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pemerintah yang berpotensi menghambat terlaksananya program-program ke depan.

Usai penyampaian pendapat akhir, Paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan bersama dan pendapat akhir Bupati Luwu Timur terhadap Ranperda APBD TA 2020.

(tom)