Komisi I DPRD Terima Unjuk Rasa Terkait TMP

0
180

Puluhan pemuda wotu yg mengatasnamakan  diri Aliansi Gerakan Pemuda Peduli Wotu berunjuk rasa menyampaikan aspirasinya di Kantor DPRD Luwu Timur, Senin (10/6/19).

Unjuk rasa ini dalam rangka menyampaikan aspirasinya terkait hilangnya Identitas atau nama-nama Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kecamatan Wotu pasca dilakukan rehabilitasi pada tahun 2017 lalu.
Juru bicara unjuk rasa, Rian mengatakan bahwa tuntutannya tersebut ditujukan kepada Pemerintah Daerah selaku penanggungjawab TMP. Aliansinya mempercayakan aspirasinya kepada DPRD untuk dibahas bersama OPD terkait.

Dalam aspirasinya, aliansi pemuda meminta agar diberikan kepada makam-makam berupa identitas otentik agar mempermudah peziarah dari keluarga maupun dalam rangka studi.

“Kami meminta DPRD agar mengevaluasi kinerja OPD terkait untuk segera melengkapi nama-nama makam yang ada di Taman Makam Pahlawan,” harap Rian.

Penyampaian aspirasi Aliansi Gerakan Pemuda Peduli Wotu diterima oleh Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur H.M. Sarkawi A. Hamid dan beberapa anggota DPRD lainnya.

Sarkawi mengapresiasi kepedulian pemuda terhadap pelestarian TMP. Hal ini katanya butuh tindak lanjut, yakni melakukan inventarisasi ulang nama-nama pahlawan oleh OPD terkait.

Inventarisasi diperlukan mengingat munculnya “Tanpa Nama” pada makam di TMP Wotu. Proses ini harap Sarkawi agar mengajak peran serta masyarakat atau keluarga pahlawan yang masih hidup.

“Terimakasih kepada adik-adik pemuda yang telah memberikan dorongan kepada kami (DPRD) agar segera ditindaklanjuti,” kata Sarkawi.

Lanjutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Dirinya tidak membenarkan adanya kesengajaan penghilangan nama pahlawan pada TMP.

Pada rapat terpisah, Kepala Dinas Sosial, Karti Saleng mengapresiasi kepedulian pemuda wotu terhadap TMP. Dirinya akan langsung meninjau TMP dan akan menginventarisasi nama-nama pahlawan.

(tom)