Pansus LKPJ DPRD Lutim Harap APIP Jadi Benteng Penjaga Pemda

0
302

Adanya beberapa Kepala Desa di Luwu Timur bermasalah dengan hukum, Anggota Pansus LKPJ Najamuddin himbau Inspektorat lakukan pembinaan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal tersebut terungkap saat Rapat Pembahasan LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Luwu Timur. Selasa (24/04/2019).

Anggota Pansus Najamuddin

Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat diharapkan menjadi pembina dan pengawas dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah (OPD). Najamuddin mengatakan jika ada perangkat desa mengalami kesalahan, baiknya diberi peringatan dini oleh Inspektorat tujuannya diberikan pembinaan.

“Peringatan untuk perangkat desa agar kesalahan serupa tidak terulang lagi. Bila ada kerugian negara, suruh kembalikan,” sarannya.

Koordinator Pansus H.M. Siddiq BM, SH

Sementara Anggota Pansus H.M. Sarkawi A. Hamid mengatakan untuk membuat kinerja Inspektorat lebih baik, dirinya mendorong Bupati agar segera melantik pejabat definitif. Pasalnya Inspektorat sekarang dipimpin oleh pelaksana tugas.

“Psikologis jabatan itu sangat penting untuk mengambil langkah-langkah, harus segera dilantik Inspektur definitif” ujar Sarkawi.

Sarkawi mengharapkan APIP menjadi benteng penjaga sebelum masuk ke dalam ranah hukum.

(tom)