DPRD Lutim Terima LKPj Kepala Daerah TA 2018

0
280

Rapat Paripurna dalam rangka penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Tahun Anggaran (TA) 2018 di Ruang Sidang Paripurna DPRD Luwu Timur. Kamis (04/04/2019).

LKPj diserahkan didasarkan atas UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kepada Pemerintah, serta sesuai tugas dan wewenang DPRD Luwu Timur seperti yang termuat dalam pasal 23 huruf (h) Peraturan DPRD Kabupaten Luwu Timur Nomor 1 Tahun 2018 tentang tata tertib.

Ketua DPRD Luwu Timur H. Amran Syam yang memimpin sidang paripurna mengatakan Kepala Daerah berkewajiban menyampaikan LKPj kepada DPRD paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Dalam kesempatannya pula, Amran juga sekaligus menetapkan keanggotaan Panitia Khusus (pansus) LKPj Kepala Daerah TA 2018 sebanyak 10 anggota DPRD. Pemilihan anggota pansus berdasarkan keterwakilan dari 6 Fraksi yang ada di DPRD Luwu Timur.

Bupati Luwu Timur H. M. Thorig Husler yang turut memberikan sambutan pengantar LKPj TA 2018 mengatakan bahwa penyampaian LKPj ini diharapkan dapat menjadi mekanisme “Check and Balance” penyelenggaraan pemerintahan daerah serta menjadi media transparansi dan akuntabilitas publik.

“LKPJ yang diserahkan disusun berdasarkan RKPD yang merupakan penjabaran tahunan RPJMD dengan berpedoman pada RPJPD,” jelas Husler.

Husler dihadapan anggota DPRD menyampaikan beberapa capaian pemerintah daerah di berbagai bidang pembangunan dan penghargaan yang diterima sepanjang tahun. Dirinya bertekad untuk terus melakukan perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, sehingga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat.

(tom)