Komisi 3 Bahas Transmigrasi dan Ganti Rugi Lahan Malili

0
164

Bahas persoalan sertifikat tanah warga Malili, Komisi 3 DPRD Luwu timur dalam sehari menggelar Rapat dengar pendapat sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari, Kamis (20/12) di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Luwu Timur.

Ketua Komisi 3 DPRD Luwu Timur Herdinang yang memimpin jalannya Rapat Dengar Pendapat (RDP) mengundang perwakilan Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Industri Widada, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan pertanahan, Perangkat camat Malili, Lurah Malili, desa Puncak Indah dan desa Harapan.

“Ada 2 agenda rapat dengar pendapat yang kami gelar hari ini, pagi pukul 10.00 wita yaitu terkait permasalahan sertifikasi lahan usaha SP 1 Malili dan SP 2 Lampia, kemudian siang pukul 13.30 yaitu terkait ganti rugi lahan masyarakat disamping stadion malili dan sekitarnya,” ungkap Herdinang.

Berdasarkan tata tertib DPRD yang baru disahkan sekitar 3 bulan yang lalu. Masalah terkait pertanahan yang sebelumnya menjadi bagian dari Komisi 1, sekarang telah menjadi tugas di Komisi 3. Olehnya itu, mitra terkait juga berpindah ke Komisi 3.

“Karnanya banyak persoalan persoalan masalah sertifikat tanah tersebut kami dari komisi 3 sangat menyayangkan yang sdh 27 tahun lamanya belum tuntas sedangkan di daerah lain tahun 2005 sudah tuntas,” tandasnya.

Menurut Herdinang, transmigrasi telah menjadi tanggungjawab pemerintah mulai dari perumahan, lahan dan jatah hidupnya. Komisi 3 akan membawa hal ini ke kementerian transmigrasi untuk mempertanyakan kepastian hidup dari para transmigran yang ada disini.

(dier)