Komisi I DPRD Rapat Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan 2018 dengan Dinas dan Dewan Pendidikan

0
271

Dunia pendidikan sangat penting bagi Kabupaten Luwu Timur karena hal tersebut menyangkut sumber daya manusia (SDM) yang menopang pembangunan di daerah.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua komisi I DPRD Luwu Timur H. M. Sarkawi A. Hamid dalam Rapat Dengar Pendapat terkait evaluasi pelaksanaan kegiatan di Tahun 2018 bersama Dinas Pendidikan dan Dewan pendidikan periode 2018-2023 yang baru saja dilantik bulan lalu, Rabu (19/12) di Ruang Komisi I DPRD.

“Sebagai mitra Komisi I, kami mengundang Dinas Pendidikan untuk menjelaskan dalam rangka evaluasi capaiannya pada tahun 2018 ini, dan Dewan Pendidikan yang baru untuk menyampaikan harapannya,” jelas Sarkawi.


Kepala Dinas Pendidikan La Besse mengucapkan terimakasih kepada Komisi I DPRD atas supporting dan dukungan kepada OPDnya sehingga mendapatkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI atas program penjaminan mutu pendidikan.

Capaian kegiatan tahun 2018 salah satunya yakni beasiswa pendidikan untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dari 4500 berkas yang terverifikasi.

“Yang berhak mendapatkan beasiswa sebesar 4908 orang. Pakaian seragam sekolah gratis untuk SD dan SMP juga diserahkan hari ini (19/12) bersamaan dengan peringatan hari bela Negara.” Ungkap La Besse

Lanjutnya berdasarkan hasil rapat komisi beberapa waktu lalu, untuk pengadaan pakaian seragam sekolah pada tahun 2019 akan diserahkan ke sekolah masing masing untuk mengelola dan bekerja sama dengan UKM lokal tentunya sesuai dengan standar yang ada.

Tahun 2018 ini, Dinas Pendidikan memiliki Kegiatan fisik 323 kegiatan, namun 3 kegiatan diantaranya kemungkinan akan mengalami keterlambatan.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan H. Ardias Bara mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi dunia pendidikan saat ini. Peredaran narkoba, kekerasan fisik dan lain-lain mengancam anak sekolah. oleh karena itu Pembinaan karakter siswa sekolah perlu diperkuat.

Ardias mengatakan harapannya perlu ada semacam aturan agar pada jam tertentu siswa-siswi sekolah melakukan ibadah dan membaca kitab suci sesuai dengan agama dan kepercayaannya.

Menanggapi masing-masing capaian dan harapannya, Sarkawi pertama mengapresiasi dinas pendidikan atas capaian yang dilakukan tahun ini, yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, oleh karenanya Komisi I akan menjadwalkan ulang rapat dengar pendapat ini untuk membicarakan hal-hal yang dianggap perlu untuk perbaikan pendidikan di Luwu Timur ke depan.

(dier)