Cek Pelayanan Pustu, Siddiq Inginkan Kesehatan di Lutim Terjamin

0
124

Wakil Ketua DPRD Luwu Timur HM Siddiq BM gelar kunjungan kerja meninjau pelayanan kesehatan yang ada di Kecamatan Angkona, Wotu dan Burau. Selasa (21/8).

Tinjauan tidak hanya di lingkup puskesmas namun juga puskesmas pembantu (pustu) yang tersebar di daerah. Kegiatan kunjungan kerja ini juga didampingi oleh Kadis Kesehatan (Dinkes) dr. H. April, Kasubid di BKPSDM Eksa Putra dan Mirawati.

Siddiq mengatakan dirinya berkeliling dari pustu dan puskesmas ke puskesmas lainnya bertujuan untuk persiapan membahas KUA PPAS yang akan segera diajukan pemkab Luwu Timur tidak lama lagi.

Sebagai wakil rakyat, Siddiq ingin mengetahui kondisi asli dari pelayanan kesehatan yang ada di Luwu Timur. Menurutnya kebijakan akan tepat sasaran jika turun langsung melihat kondisi aslinya di lapangan.

“Jika pelayanan kesehatan di Luwu Timur terjamin maka sejahtera rakyat,” katanya.

Dalam kesempatannya juga, Siddiq turut mendukung rencana Dinas Kesehatan Pemkab Luwu Timur untuk menaikkan status Pustu Bonepute Kecamatan Burau menjadi Puskesmas.

Menurutnya, beban kerja Puskesmas Burau Kecamatan Burau termasuk berat jika dibandingkan puskesmas di kecamatan lainnya. Pasalnya untuk wilayah kerjanya yang luas mencangkup 18 desa dengan 36.800 lebih warga, sedangkan puskesmas lainnya kisaran 15 ribuan.

Dengan naiknya status pustu bonepute menjadi puskesmas, diharapkan dapat mendekatkan akses pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Siddiq juga mendorong BKPSDM dan Dinkes untuk memperhatikan pemerataan tenaga kesehatan, baik tenaga PNS maupun tenaga Upahjasa. Dirinya melihat banyak Puskesmas yang kekurangan tenaga kesehatan namun ditempat lain banyak pula yang berlebihan.

(tom)