Optimalkan Peran dan Fungsinya, Dewan Ikuti Bimtek

0
93

DPRD Luwu Timur sejajar pemerintah daerah kedudukannya dengan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah telah diatur dalam undang-undang. Yang mana dalam kegiatannya memiliki Peran dan fungsi antara lain Legislasi, pengawasan dan penganggaran.

Bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, DPRD Kabupaten Luwu Timur mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Hotel Swiss-Belinn Pannakukang Makassar. Sabtu (3/3/2018).

Ketua DPRD Luwu Timur H Amran Syam mengatakan bimtek ini dalam rangka peningkatan kapasitas anggota DPRD. Mengoptimalisasikan peran dan fungsinya sebagai anggota DPRD dalam tugas-tugasnya dalam bekerja sama dengan bupati sebagai kepala pemerintahan dan jajaran pemerintah daerah sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan baik dalam rangka pengambilan kebijakan aturan dan mekanisme.

Amran menilai bimtek ini sangat berguna untuk persiapan DPRD dalam menghadapi agenda Tahun Anggaran (TA) 2018. “Dengan adanya bimtek ini, DPRD Luwu Timur akan lebih siap dalam rangka menghadapi evaluasi APBD Pokok TA 2017, pengawasan pelaksanaan APBD TA 2018, pra kondisi menghadapi kegiatan di APBD TA 2019 yang akan datang.” Ujar Amran.

Lanjutnya, ditambah lagi kedepannya DPRD juga akan menghadapi masa keterbukaan informasi menggunakan teknologi informasi melalui elektronik seperti e-budgeting dan e-planning. Anggota DPRD harus dapat sejalan seiringan mengikuti perkembangan.

“Diharapkan agar seluruh anggota DPRD satu persepsi dalam memahami aturan,” tegasnya.

Penyelenggara bimtek kali ini menghadirkan pemateri yang handal diantaranya pemateri dari Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Keuangan RI, Asintel Kajati Sulsel dan berbagai narasumber dari Pemerintah Provinsi Sulsel yang ikut memberikan bimbingan teknis bagi anggota DPRD Luwu Timur.

(Tom)