Kantin di dalam Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I La Galigo Luwu Timur akan segera difungsikan. Kantin tersebut katanya akan melayani kebutuhan pasien maupun keluarga pasien yang berkunjung disana.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Luwu Timur menghadirkan Manajemen BLUD RSUD I La Galigo Luwu Timur di Kantor DPRD Luwu Timur, Malili. Kamis (28/12/2017).

Dalam RDP tersebut, Komisi I juga menghadirkan Dinas Kesehatan Pemkab Lutim beserta beberapa Puskesmas terakreditasi yang ada di Lutim.

Direktur RSUD dr Rosmini Pandin mengatakan kehadiran kantin tak lepas dari beberapa masukan – masukan dari kotak saran yang disediakan di RSUD dan tinjauan manajemen perihal kebutuhan pasien dan keluarga pasien.

Menurutnya, pendirian dan pengelolaan kantin dalam wilayah RSUD telah ada regulasi dan peraturan yang mengizinkan. “Pengelolaannya oleh Koperasi I We Cudai, milik pegawai RSUD.” Lanjutnya.

Kelak dalam operasionalnya, Rosmini memastikan akan memberi kesempatan pedagang diluar memasukan barang dagangannya dalam kantin. “Tentunya diseleksi (barang dagangannya) terlebih dahulu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD H Sarkawi A Hamid menanggapi hal ini sebagai profesionalisme Rumah Sakit dalam melayani kebutuhan pasien, namun DPRD masih harus mengawasi manajemen pengelolaannya. “Rumah Sakit jaman now, kantinnya harus profesional,” ujarnya.

Sarkawi dalam RDP juga membahas perihal kesiapan tenaga medis menghadapi tahun baru. Tenaga medis di Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesdes maupun Pustu.

Menurut sarkawi, akan banyak mobilitas di liburan tahun baru. Oleh karena itu dokter di Puskesmas dan Rumah sakit harus standby 1×24 jam. “Saya akan turun mengecek kesiapsiagaan petugas medis di semua puskesmas, Puskesmas dan Rumah Sakit.“ Tambahnya.

(Dier/one)