DPRD Luwu Timur menggelar Paripurna dalam rangka Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Luwu Timur terhadap Ranperda APBD Pokok TA 2018 di kantor DPRD di Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Senin (20/11/2017).

Juru bicara Fraksi Gerindra Suwandi Sujito dalam Pemandangan Umumnya mengatakan Ranperda APBD TA 2018 diharapkan dapat terwujud sesuai dengan prioritas masyarakat. fraksinya juga mengingatkan pemda agar mampu mengoptimalkan PAD dan mengefektifkan belanja daerahnya.

Fraksi Demokrat dalam pemandangan umumnya mengatakan agar memperhatikan dunia pendidikan. melalui juru bicaranya Herdinang, hendaknya tetap konsisten mengalokasikan anggaran pendidikan minimal 20% dari APBD TA 2018 yang diimbangi pula dengan inovasi bidang pendidikan.

tak hanya pendidikan, herdinang juga memaparkan pemandangan umum fraksinya di bidang kesehatan, pertanian, sarana dan prasaran umum termasuk Investasi daerah.

Jubir Fraksi Golkar Abdul Munir Razak dalam pemandangan umumnya menyinggung soal potensi wisata luwu timur. harapnya, pada tahun 2018 mendatang hasil kerjasama dengan Universitas Udayana menuai hasil sehingga ada wisata luwu timur yang bisa diangkat bersama sebagai ikon wisata kabupaten.

“Diharapkan SKPD terkait dapat bekerja lebih baik dan profesional agar salah satu potensi wisata dapat dijadikan ikon wisata luwu timur ke depannya.” ujar munir.

Pemandangan Umum Fraksi PDI-Perjuangan yang dibacakan Efraem mengatakan bahwa fraksinya menginginkan postur APBD TA 2018 yang benar-benar berkualitas dan diarahkan dalam rangka membangun SDM dan ekonomi di berbagai sektor kehidupan. hal ini senada dengan pemandangan umum Fraksi Nasdem.

Fraksi PDI-Perjuangan juga menyoroti kesejahteraan guru tenaga sukarela SD dan SMP yang telah lama mengabdi agar diangkat menjadi guru upahjasa. hal ini bertujuan agar meningkatkan semangat para guru dan menghargai pengabdiannya terhadap luwu timur dan negara.

Pemadangan umum Fraksi PAN yang dibacakan oleh jubirnya mengusulkan jalan poros pekaloa-mahalona agar di multiyearskan supaya kelanjutan dapat di realisasikan.

Paripurna ini dihadiri oleh Ketua DPRD Luwu Timur H Amran Syam, Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler, Wakil Bupati Irwan Bachri Syam, Kabag Ren Polres Luwu Timur kompol Eko Lelono, Sekda Bahri Suli, segenap Anggota DPRD, dan Pejabat lingkup Pemkab Luwu Timur.

(one)