Aris Beri Motivasi Peserta Pelatihan TAGANA

0
332

Wakil Ketua II DPRD Luwu Timur Aris Situmorang hadiri Kegiatan pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) di Aula Hotel Sikumbang Kec Tomoni Kab Luwu Timur. Sabtu (11/11/2017).

Pelatihan TAGANA yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Pemkab Luwu Timur ini akan berlangsung selama 5 hari.

Aris meyakini peserta Pelatihan TAGANA adalah orang-orang yang terpilih yang memiliki keikhlasan dan kerja keras dalam melaksanakan tugas-tugas mulianya.

Dalam kesempatannya dihadapan peserta pelatihan TAGANA, Aris menceritakan dirinya mengaku dekat dengan kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan dan memahami bahwa tugas TAGANA tidaklah mudah.

Legislator Gerindra tersebut ternyata pernah terlibat langsung sebagai relawan gempa jogja, tragedi gempa dan tsunami aceh. Ditemani TNI dan relawan lainnya berjibaku mengevakuasi korban yang masih hidup maupun yang telah mati pada saat itu.

“Kami (relawan) naik hercules bersama TNI terbang ke aceh, untuk membantu saudara kita disana saat itu,” ujarnya.

Lanjutnya, keikhlasan bekerja harus juga ditunjukkan oleh TAGANA. Tak hanya itu, Aris juga mengapresiasi Dinsos dalam pelatihan TAGANA karena hal ini penting dalam rangka persiapannya dalam menghadapi bencana di daerah khususnya di desa-desa dan kelurahan.

Aris berharap, tak hanya pasca bencana terjadi. Namun juga terkait pencegahan bencana. Lanjutnya pula, dirinya berharap terbentuknya forum koordinasi dalam menghadapi bencana. Dalam forum ini nantinya akan jelas pada posisi mana ketika bencana terjadi.

“Koordinasi dengan tim lain seperti basarnas dan Badan Penanggulangan Bencana dalam rangka menghadapi bencana sangat perlu.” Sarannya.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial dan P3A Sukarti. Aris secara simbolik menyematkan tanda peserta pelatihan sebagai simbol dimulainya pelatihan.

Kegiatan ini juga diundang narasumber, dan puluhan peserta tagana yang berasal dari berbagai Kecamatan di Luwu Timur. (One)