Ibu kota Kabupaten Luwu Timur, Malili digelar perlombaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ). Hal ini tertuang dalam Keputusan Bupati Luwu Timur Nomor 77/II/Tahun 2017 perihal penetapan tempat pelaksanaan STQ Ke-VI tingkat Kabupaten Luwu Timur Tahun 2017.

Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam yang juga diamanahi sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) menghadiri pembukaan perhelatan STQ yang dibuka langsung oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler. Selasa malam (28/02/2017).

Amran yang juga dilantik sebagai Ketua Dewan Hakim acara STQ saat itu mengatakan bahwa dewan hakim yang ditunjuk merupakan dewan hakim yang berpengalaman dan profesional karena berkompetensi pada bidangnya masing-masing.

“Sebanyak 10 orang dari LPTQ Kabupaten Luwu Timur, dan 3 orang hakim tingkat Sulsel.” rinci amran saat memberikan sambutannya.

Sebanyak 350 peserta dari 11 kecamatan di Kabupaten Luwu Timur meramaikan perhelatan STQ ke-VI ini. Tema STQ ke-VI yakni “melalui STQ kita lestarikan khasanah budaya islami dalam membangun generasi qurani yang bermartabat menuju Luwu Timur religius dan terkemuka.” diselenggarakan mulai hari selasa tanggal 28 Februari hingga 4 Maret 2017.

adapun cabang-cabang yang akan dilombakan antara lain :

1. cabang tilawah : golongan tilawah anak-anak dan golongan tilawah remaja

2. cabang hifdzil quran : golongan 1 Juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz

3. cabang tafsir : golongan tafsir bahasa arab

Amran mendorong peserta STQ agar mengejar prestasi demi bumi batara guru tercinta melalui STQ tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2017.

“Menjawab tantangan yang dihadapi bangsa ini terkhusus Pemerintah Kabupaten Luwu Timur untuk itu marilah kita bersama-sama mewujudkan visi misi bupati luwu timur yaitu maju, mandiri, sejahtera dan terkemuka pada tahun 2021” tutup Amran. (one)