Bapemperda akan buat 21 perda pada tahun 2017

0
74

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Luwu Timur bahas program pembentukan peraturan daerah yang akan dibahas tahun 2017. Hal ini diungkapkan Ketua Bapemperda Andi Endy B. Shin Go dalam rapat internal di Ruang Rapat Komisi DPRD Luwu Timur, Rabu (11/1/2017).

Salah satu alat kelengkapan DPRD Luwu Timur itu rupanya tengah mempersiapkan langkah-langkah yang diambil dalam rangka pembahasan perda di tahun ini agar berjalan dengan baik.

“Sesuai dengan program pembentukan peraturan daerah Kabupaten Luwu Timur Tahun 2017, terdiri dari 21 Perda termasuk didalamnya 4 perda insiatif dari usulan DPRD yaitu Perda Naskah Hari Jadi Luwu Timur, Tanggung jawab sosial (CSR) yang merupakan hasil dari rekomendasi Panja DPRD tahun lalu, etika pemerintahan dan Perda pencegahan dan penyalahgunaan narkotika” papar Endy.

Agar efektif, Wakil Ketua II, Aris Situmorang yang turut mengikuti rapat tersebut mengatakan bahwa Bapemperda akan mengevaluasi dan mengkaji semua perda yang sudah ditetapkan dan mendorong pemerintah daerah untuk segera membuatkan peraturan bupati supaya perda-perda yang telah ditetapkan.

“Salah contoh ialah Perda Kawasan Bebas Rokok yang sampai saat ini belum dibuatkan Perbup sehingga belum ada petunjuk teknis untuk kawasan bebas rokok tersebut, pemerintah daerah juga diharapkan untuk aktif menghadiri undangan DPRD dalam rangka persiapan pembahasan ranperda di Tahun ini “ lanjut aris.

Menurut anggota bapemperda Sarkawi A. Hamid mengatakan disamping terkait perbup, Bappemperda sebaiknya mempelopori revisi atau perubahan tata tertib DPRD karena hal ini sangat mendesak setelah ditetapkannya perda tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Hal ini dilakukan karena ada beberapa OPD yang sudah berubah nama dan tidak sesuai dengan nomenklatur yag terdapat didalam tata tertib DPRD termasuk OPD yang menjadi mitra komisi-komisi di DPRD.” jelas Sarkawi. (dier)